Sunday, July 22, 2007

SEIKO Chronograph "Pulsation" (SOLD)

Jam Seiko ini begitu menarik perhatian saya ketika saya jalan-jalan di sebuah pasar di Malang. Saya memang penggemar berat Seiko automatic chronograph dan sudah banyak jenis Seiko chrono matic yang saya miliki dan saya lihat. Namun yang ini unik. Kenapa? karena tulisan di inner bezel Seiko ini bukan Tachymeter seperti yang lain namun "Pulsation". Selain itu desain casingnya juga berbeda dan lebih lebar dari sesama tipe 6139.

Pulsation adalah untuk mengukur degup jantung seseorang dan jam ini ternyata memang memiliki fungsi itu. Dari forum Seiko yang saya ikuti, tipe ini menjadi topik yang hangat. Kenapa Seiko membuat tipe ini dalam jajaran jam sport-nya, bukankah Pulsation digunakan oleh bidang kedokteran? Seiko dengan seri 6020 dan cal.6139 ini memang untuk digunakan para dokter. Tapi dokter apa? karena ada yang pernah menulis dalam forum bahwa standar yang dituliskan dalam inner bezel jam ini ternyata tidaklah sesuai untuk mengukur degup jantung manusia, dan ternyata ada dokter yang menulis bahwa standar yang digunakan dalam jam ini sangat cocok untuk mengukur degup jantung seekor ikan paus!

Saya masih mencari tulisan dan review mengenai jam ini. Apakah mungkin Seiko melakukan kesalahan khususnya untuk tipe ini? berikut adalah cuplikan tulisan dari forum tersebut:

" I contend that these Seiko models are highly specialised, very rare, highly collectible and extremely valuable special whaling editions, in the tradition of other Seiko special collectors' pieces such as the Pipin diver. They are used exclusively by marine mammal physiologists, and other Important People who have to deal with Big Animals, like zoo doctors."

SOLD

No comments: