Sunday, July 1, 2007

SEIKO 5 Sports Speedtimer 6139 (SOLD)

Mengumpulkan seluruh anggota keluarga dari SEIKO automatic chronograph bagi saya sungguh mengasyikkan. Selain karena movement yang digunakan pada jam tipe ini (6139 dan 6138) adalah movement-nya yang bandel, juga karena variasi dial yang sungguh banyak dan eye catching.

Koleksi saya yang satu ini merupakan keluarga dari Seiko 5 Sports Speedtimer. Dalam forum-forum Seiko pernah dibahas mengenai tipe khusus ini. Disebut khusus karena dalam dial menggabungkan antara Seiko 5 sports dan speedtimer. Tipe ini terakhir diproduksi tahun 1975 dan setelah itu tulisan 5 Sports dihapus dan hanya kata Speedtimer yang digunakan.

Perbedaan Seiko speedtimer dan seiko chronograph yang lain tidaklah banyak. Speedtimer diproduksi oleh Seiko juga untuk membedakan pasar peredaran jam ini. Banyak yang bilang bahwa Speedtimer diproduksi lebih sedikit dan hanya untuk kawasan-kawasan tertentu saja (Jepang, Amerika), sedangkan untuk mass market dibuat tipe Seiko automatic chronograph yang biasa.

Seiko dalam koleksi saya ini memiliki movement automatic cal.6139-7020. Perbedaan kecil dengan saudaranya sesama 6139 lain adalah variasi pada sub register chronograph-nya. Terdapat variasi warna yang menaik (oranye) pada sub dial dan penggunaan dial hands berwarna kuning diatas dial face berwarna abu-abu semu coklat yang kalem. Rantai original berbentuk unik dengan penampang lebar sesuai dengan casing jam ini yang sedikit "tambun". Hampir semua jam Seiko Automatic Chronograph sudah menggunakan crystal tebal sehingga lebih tahan lama.

Ada "kepercayaan" dari para pecinta Seiko khususnya automatic chronograph, bahwa Seiko yang pada dial-nya tertulis Seiko 5 Sports Speedtimer lebih langka dan sulit dicari daripada yang hanya Speedtimer atau automatic chronograph biasa. Hal ini mungkin saja dengan alasan bahwa tipe 5 Sports Speedtimer hanya diproduksi dalam jangka waktu pendek dan didistribusikan untuk kawasan-kawasan tertentu saja. jadi apabila anda sekali waktu bertemu dengan salah satu keluarga dari "Seiko 5 Sports Speedtimer" jangan ragu untuk "menabrak"nya, tentu saja dengan harga yang logis.

SOLD

No comments: