Thursday, October 4, 2007

ENICAR Sherpa Super Dive

Salah satu jenis Enicar Sherpa yang semakin sulit untuk ditemui di pasaran: ENICAR Sherpa Super Dive! apalagi dengan kondisi yang utuh dan lengkap dengan segala orijinalitasannya: Kaca, crown, bracelet dan jarum-jarum. Karena rata-rata Super Dive yang saya lihat gambarnya di website luar sudah tidak dilengkapi dengan rantainya.
Enicar tipe ini memang sudah lama sekali saya cari dan kebetulan rekan sesama kolektor berbaik hati untuk me"lungsur"kan jam ini untuk saya rawat. Enicar Super Dive ini diproduksi di tahun 60-an. Dengan mesin automatic buatan ETA 25 jewels dan memiliki penunjuk tanggal berwarna merah. Diameter jam ini adalah 40mm, cukup besar untuk ukuran kebanyakan orang kita dan bukannya sekarang sedang model jam-jam berdiameter besar?
Keunikan lain dari jam ini adalah adanya rotating bezel yang terletak di dalam dan menumpuk dengan dialnya. Desain seperti ini banyak ditemui untuk jam-jam diver buatan tahun 60-an. Koleksi jam diver saya yang lain: Benrus Ultra deep juga memiliki inner rotating bezel. Tipe yang sama juga dikeluarkan oleh Longines, Universal dan lain-lain.
Bagi sebagian orang tentu merasa aneh, kenapa jam dengan penampilan tidak dalam kondisi sangat mulus ini sangat saya inginkan. Bagi saya bukan tingkat kemulusannya, namun otentik tidaknya jam ini. Itu yang penting! Dari pengamatan saya terhadap site-site diluar negeri yang menjual jam-jam vintage, kecenderungan jam-jam Enicar Sherpa meningkat value-nya. Di ebay harga yang ditawarkan sudah bisa mencapai US$600-800, bahkan sebuah website www.oredelmondo.it menjual sherpa super dive dalam keadaan mulus sekali seharga 1150 Euro. jadi kalau anda sekali waktu lihat Enicar sherpa tipe apa saja selama dia orisinal dan harga masuk akal, bisa dipertimbangkan untuk dibeli (tapi tanya istri dulu yaa..atau jangan mengganggu dana untuk pernikahan)

1 comment:

Anonymous said...

enicar sherpa 600 super dive to letgo..mirip sama enicar sherpa spr dive yang ada di blog anda..cumanya..jarum second nya muncung sama anak panah..disertakn sama tali stanless steel asal...harga RM1400.condisi masih elok dan berjalan lancar...