Sunday, October 7, 2007

PRECISTA G10 British Military

Saat jalan-jalan di Taman Puring, saya melihat dengan tidak sengaja jam PRECISTA G10 military ini. Bentuknya seketika menarik saya dan meminta si penjual untuk mengeluarkan jam itu agar saya bisa melihatnya lebih dekat. Saya tertarik terutama karena ukurannya yang cukup besar 36mm dan terutama sekali dialnya yang Military sekali dengan penggunaan arabic number 1-12 yang berukuran besar, lebih besar dari jam-jam militer yang pernah saya lihat. Dan yang membuatnya lebih menarik adalah penggunaan material Tritium untuk index dan dot pada dial.
Semula saya kira ini adalah jam palsu, namun setelah saya lihat grafiran di belakang casing-nya saya baru tahu bahwa ini adalah otentik jam militer tentara Inggris. Pertama dengan adanya kode huruf T pada dial dan kedua adalah tulisan angka-angka yang merupakan stock code logistic British army dan logo broad arrow pada case back (lihat gambar dibawah).
Precista ini bernama G10 dan ber-movement quartz dengan menggunakan mesin quartz buatan Swiss dengan ketebalan 11mm dan panjang lug to lug 44mm. G10 merupakan kode pada sebuah form Logistik tentara Inggris G1098A. Form ini merupakan pemberitahuan kepada setiap prajurit Inggris mengenai keperluan logistik apa yang dia dapat (termasuk jam tangan) dan kewajiban untuk mengembalikan pada saat selesai bertugas. Kode G10 ini juga digunakan beberapa merek jam yang digunakan oleh tentara Inggris seperti CWC, Seiko, Pulsar dan Citizen Aqualand. Namun G10 yang dibuat oleh Precista memiliki ketebalan casing yang lebih tebal dibandingkan dengan merek lain dan ini yang membuat jam ini menjadi lebih berat.
Precista adalah manufaktur jam khusus militer pada tahun 80 dan 90an. Mereka memperoduksi jam-jam militer untuk Diver, chronograph dan jam lapangan. Precista hanya memproduksi setiap item hanya sedikit saja dan hal inilah yang membuatnya menjadi langka dan dicari-cari oleh para pencinta dan kolektor jam-jam militer (yang otentik).

No comments: