Wednesday, July 16, 2008

OMEGA Seamaster Diver 300m Quartz (SOLD)

Mungkin beberapa rekan sedikit heran kenapa kok blog jamkuno ini sekarang banyak memajang jam-jam baru. Apa mungkin saya sedang jenuh dengan jam kuno karena sudah semakin sulit didapat atau apa?

Dalam menekuni hobi ini memang awalnya saya kepinginnya fokus pada jam-jam kuno dengan maksimal tahun pembuatan sekitar 70-an tapi seiring perjalanan saya menyadari bahwa sebenarnya saya bukan penyuka jam kuno saja tapi jam secara umum. Bermula dari memiliki Tag Heuer 2000 classic kemudian merembet ke beberapa jam-jam yang bisa dibilang buatan 'kemaren sore'.

Seperti hal-nya jam ini. Pertama kali saya lihat jam seperti ini di kios seorang teman dan frankly speaking saya saat itu kesengsem dengan desain dan penampilan secara keseluruhan. Suatu kali saya mendapat email dari seorang rekan kolektor jam-jam baru yang mengirimkan jam-jam koleksinya dan saya lihat jam ini merupakan salah satu jam koleksinya. Saya waktu itu berharap semoga saja ketika sang kolektor itu bosan dengan koleksinya jam ini akan ditawarkan ke saya.

Keinginan tersebut akhirnya tercapai! Suatu hari saya mendapat kiriman beberapa buah jam milik kolektor tersebut untuk dijual (ini pengiriman yang kesekian), dan diantara jam-jam itu terdapat Omega yang saya incar. Segera saja saya kirimkan "proposal" untuk meminang jam ini.

OK. sekarang kita bicara tentang jam ini. Dalam katalog Omega tipe ini memiliki nomor ref. 2265.80. Omega ini desainnya mirip dengan Omega Seamaster James Bond yang menjadi salah satu icon Omega Diver. Dimensinya sama yaitu 41mm (exclude crown). Perbedaan terlihat pada beberapa bagian. 1) Jarum jam menggunakan tipe sword hands (bentuk pedang), tipe jarum seperti ini merupakan replika dari jarum jam pada jam Omega diver tahun 60-an. 2) Rantai tipe oyster dengan kombinasi finishing polished dan brushed steel, mirip dengan yang digunakan pada Speedmaster reduced tapi dengan dimensi yang lebih besar. 3) index menggunakan bentuk balok yang dilapisi radium yang menyala dengan terang dalam gelap.

Pada caseback tergrafir dengan tegas lambang seamonster serupa dengan yang digunakan pada versi James Bond. Bracelet menggunakan deployment buckle dan ada cadangan ekstension bracelet untuk penggunaan baju selam. Pada posisi angka 10 terdapat kenop lain untuk mengeluarkan gas helium.

Salah satu yang membuat jam ini berpenampilan elegan dan sekaligus maskulin adalah desain warna dial yang berwarna biru tua dan terlihat akan ada permainan warna biru apabila terkena sinar matahari. Rotating bezel dibuat dalam finishing steel chrom yang kontras dengan warna dial. Istri saya yang biasanya jarang berkomentar terhadap jam yang saya pakai langsung berucap "Wah jam-nya keren bangettt..!". Berarti jam tipe seperti ini mempunyai WAF (Wife Acceptance Factor) yang tinggi. :-) .

SOLD

No comments: