Friday, July 18, 2008

SEIKO 6138-3002 "Jumbo"

Seiko ternyata mempunyai begitu banyak variasi desain untuk jajaran seri Automatic chronograph mereka. Contohnya adalah salah satu seri 6138 ini. Karena ukurannya yang memang besar 42mm, maka para penggemar Seiko menyebutnya sebagai Seiko Jumbo. Melihat desainnya yang sederhana dan dominan hitam, ketika digunakan kelihatan sangat maskulin dan berkelas. Sebelumnya saya sudah memiliki salah satu tipe ini dan saat saya mendapatkan jam yang sama saya pikir mereka adalah kembar.

Ternyata perkiraan saya salah. Tipe yang saya miliki sebelumnya adalah 6138-3000 yang juga disebut sebagai Seiko Jumbo dan yang saya dapat ini bernomor seri belakang 3002. Setelah saya perhatikan dan cari perbedaannya ternyata ada pada bagian lugs. Kalau anda perhatikan perbedaan lugs sangat sedikit. Perhatikan gambar dibawah. Sebelah kiri adalah seri 3002 dan sebelah kanan seri 3000. Pada lugs 3002 tidak ada sisa casing pada pertemuan lugs sedangkan pada seri 3000 maih ada sisa casing yang memanjang antar lugs. Kedua tipe ini menggunakan tipe rantai yang sama.
Setelah menemukan seri 3002 ini, akhirnya Seiko Jumbo pertama saya mendapatkan saudara kembarnya....

1 comment:

Mihelm182 said...

koleksi UFOnya bagus pak...jarang ada yg mulus begini..klo suatu saat minat dijual..kasi tau saya pak di 085694067776..hehehehe..thx