Monday, July 21, 2008

SEIKO Automatic Chronograph Cal.7016

"Ada Seiko 7016 kondisi mulus dan rantai original, warna dial putih, minat pak?" begitu sms yang saya terima beberapa minggu lalu. SMS itu dikirim dari Semarang oleh seseorang yang saya tidak pernah tahu sosoknya dan hanya beberapa kali bicara di telepon. Minat saya langsung timbul begitu membaca sms itu. Setelah beberapa pertanyaan detail dan konfirmasi harga akhirnya saya setuju untuk mendatangkan jam itu untuk bergabung dengan sekitar 25 Seiko Automatic Chronograph lainnya.



2 hari berikutnya paket yang saya tunggu-tunggu datang di kantor. Dan secepatnya saya buka untuk mendapati Seiko baru saya. Ternya dialnya bukan putih tapi agak merah muda ke arah ungu! menarik sekali karena saya baru sekali ini melihat desain warna dial yang sedikit 'bunglon'. Desain seiko 7016 tidak sebesar kakak2nya 6138 dan 6139, mungkin diameternya hanya 37mm saja namun disitulah menariknya, jam ini jadi kelihatan cantik!



Saya periksa dengan seksama dan ya! jam ini sesuai dengan deskripsi yang disampaikan via sms. Rantai masih original bawaan tipe ini dengan desain yang unik karena masing-masing keping rantai dikaitkan dengan 3 buah 'gelang'. Movement dari caliber 7016. Caliber ini sebenarnya memiliki 2 sub register namun dijadikan 1 di bawah (posisi angka 6). Jarum bawah lebih lebar dan besar dari jarum atas. Sering saya lihat Seiko tipe seperti ini jarum sub registernya sudah diganti sehingga tidak cantik lagi. jarum jam dan menit sudah mengalami kerontokan radium di ujung-ujungnya. It's OK! karena hal ini bisa diperbaiki.

Kristal hardlex masih banyak goresan-goresan halus. Inipun masih OK karena teman saya bisa mengembalikan kilap mika hardlex ini menjadi seperti baru lagi. Bagi saya yang penting adalah kondisi dial. Dial masih bagus dan utuh dan movement ketika di reset masih normal. Well, apa lagi yang perlu dikhawatirkan? apakah jam ini langsung saya pakai?....seperti perlakuan untuk jam lain, jam ini langsung masuk koper dan saya hanya pakai ketika jam ini saya terima saja...

No comments: