Monday, July 21, 2008

SEIKO 'Bull Head' 5 Sports Speedtimer

Saya yakin para penggemar Seiko sport vintage sudah mengenal sekali tipe 6138-0040 atau sering disebut sebagai 'Bull head' atau 'Mickey Mouse'. Tipe yang 'sering kelihatan' adalah dengan tulisan Automatic Chronograph dibawah Tulisan Seiko. Kemudian yang lebih 'jarang terlihat' adalah versi Speedtimer karena hanya dibuat untuk pasar Jepang. nah yang ini lebih jarang lagi saya lihat. Sejak tahun 97 hobi jam antik saya baru menemui 2 kali tipe seperti ini, yaitu: Bull head dengan tulisan Seiko 5 Sports Speedtimer!

Memang apa sih istimewanya dengan yang versi Bullhead yang lain? Tidak ada! secara desain bentuknya sama dan hanya perubahan kecil yang dilakukan untuk tipe Speedtimer dan yang biasa. Pada versi Speedtimer jarum jam terlihat penuh dan tidak berongga di tengahnya. Warna tachymeter juga biasanya lebih 'pucat' untuk yang versi Speedtimer. Hal lain yang kadang bisa membedakan adalah warna jarum detik yang senada dengan warna bezel pada versi Speedtimer. Untuk versi 5 Sports Speedtimer saya belum tahu apakah warna jarum detiknya serupa dengan bezel atau berbeda, karena yang saya dapat jarum detik berwarna kuning dan kata yang punya itu memang aslinya karena belum pernah diganti.
Seiko bullhead yang saya dapat ini kondisi bezelnya sudah ada goresan bahkan ada bekas benturan pada posisi atas. Tapi kalau yang namanya udah cinta pada pandangan pertama hal itu bukan masalah karena kondisi dialnya sungguh mak-nyus! bahkan 'radium' pada index batonnya belum ada yang luntur satupun!

Akhirnya Bullhead Speedtimer saya tidak kesepian lagi karena sudah ditemani oleh 5 Sports Speedtimer yang baru.....hmmm yummy!

No comments: