Thursday, May 15, 2008

OMEGA Speedmaster Automatic Ca.1974 (SOLD)

Pertama kali saya meilhat jam ini ketika salah seorang sohib penggemar jam antik meminjamkan salah satu koleksinya. Semula saya lihat jam ini aneh benar karena bentuknya yang TV shape dial dan beratnya yang mencapai 152,6 gram. Setelah itu saya tidak pernah melihat lagi karena jam tersebut telah "disekolahkan" oleh pemiliknya.

Siang ini ketika makan siang, seorang teman menawarkan jam yang baru didapatnya hari ini juga. Ternyata tipe yang sama dengan Omega yang saya lihat dulu dalam kondisi yang sama baiknya. Akhirnya tanpa basa-basi saya langsung ambil sebagai salah satu koleksi jam Omega saya.

Pertama kali dirilis pada tahun 1974 dengan no.ref 176.0014. Jam ini menggunakan automatic chronograph movement cal.1045 yang menggunakan basis dari movement Lemania cal.5100. Movement ini dikenal sangat handal sebagai movement chronograph dan memiliki oskilasi 28,800 beat per hour (bph). Omega mengeluarkan 2 versi Speedy ini yaitu yang menggunakan rantai model seperti oyster dan model balok seperti yang digunakan dalam jam ini. Dial juga ada perbedaan, yaitu matte black dial dan sunburst dial seperti jam koleksi saya ini.

Rantai jam (bar type bracelet) menyatu dengan casing dengan menggunakan pin yang terletak di tengah. Balok rantai berstruktur tebal dan kokoh sehingga untuk tangan yang kecil menjadi kurang nyaman dipakai.


Untuk tangan saya yang cukup besar, jam ini masih juga kelihatan tidak seimbang, ini dikarenakan ketebalan jam ini yang mencapai 15,7mm.
SOLD

No comments: