Monday, April 2, 2007

Automatic Chronograph Movement History

Movement chronograph untuk jam pertama kali dibuat pada tahun 1862. Dan pemanfaatan chronograph untuk jam tangan pertama kali tersedia pada tahun 1910, dan dunia harus menunggu selama hampir 60 tahun kemudian sampai dibuatnya chronograph automatic untuk pertama kali. Automatic chronograph diyakini sebagai salah satu penemuan besar dalam industri jam mekanis.

Tidak lebih dari 3 jenis mesin automatic chronograph yang diperkenalkan kepada publik pada tahun 1969. Pertama, Calibre 11 yang merupakan konsorsium dari Buren, Heuer, Breitling, Hamilton dan Dubois Depraz. Cal.11 pertama kali dipamerkan di Basel fair pada Bulan Maret 1969. Cal.11 merupakan automatic movement dengan menggunakan micro rotor dengan peletakan modul chronograph diatasnya.Pada saat yang bersamaan Zenith/Movado memperkenalkan movement mereka yang terkenal (bahkan sampai kini masih diproduksi) yaitu El Primero. Zenith meng-claim bahwa movement mereka merupakan integrated automatic chronograph yang pertama.

Dan kemudian di sisi lain dari dunia, ada juga pihak yang memperkenalkan movement automatic chronograph mereka yaitu, Seiko 6139. Movement ini merupakan movement chronograph dengan menggunakan 1 register chrono, dengan 30 menit counter dan sudah dipatenkan pada awal tahun 1969.

Kemudian pada tahun 1970, Seiko memperkenalkan seri terbarunya 6138 yang mengadopsi 2 register chrono dan seri ini tidak pernah berubah sampai tahun 1979 yang merupakan tahun terakhir produksinya. Di saat yang bersamaan Cal.11 dan El Primero juga melakukan beberapa kali penyempurnaan pada movement-nya. Caliber 11 kemudian digantikan oleh Calibre 12 setelah 3 tahun kemudian.

No comments: