Tuesday, April 24, 2007

OMEGA Seamaster Chronostop "Pilot"



Pada saat Olympiade 1968 di Mexico, Omega ditujuk untuk menjadi official timekeeper, Tahun inilah Omega mengeluarkan tipe Chronostop sebagai sebuah perwujudan antara penggabungan olahraga dan gaya. Sisi olahraga ditunjukkan dari sistem chronograph yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan sampai 1/5 detik. Sedangkan unsur gaya ditunjukkan dari desainnya yang compact sekaligus kokoh dengan penggunaan warna pada dial yang menarik. Movement yang digunakan adalah manual winding Cal.865 dengan dimensi yang lebih besar dari chronostop biasa (sekitar 41 x 47)mm.

Omega chronostop ini disebut juga sebagai “Pilot” Chronostop karena memang Omega men-desain tipe ini untuk para pilot dan traveller. Crown yang terletak di posisi angka 10 berguna untuk memutar inner bezel. Pada dial dilengkapi inner rotating bezel dengan skala 1/12 – 13/24 sehingga dapat diatur untuk mengetahui 2 waktu yang berbeda untuk 2 tempat.
Contohnya: Bila jam di Paris menunjukkan pukul 10:08 pagi, dan kita ingin mengetahui waktu di New York. Perbedaan waktu kedua kota itu adalah 5 jam. Putar inner bezel yang bertuliskan angka 5/17 ke arah angka 10. Dari posisi itu bisa dibaca: waktu Paris 10:08 pagi waktu New York 05:08 pagi.

Private Collection

1 comment:

loque a.k.a jiwakacak said...

salam bro . saya dari melaysia . suka bangat pada jam kuno . Boleh bro terangkan sedikit pasal brand seiko dan paketa .
boleh dilihat di blog saya.
http://bundlesells.blogspot.com/