Wednesday, April 4, 2007

Why Collecting Vintage Watches?

Saya memiliki beberapa hobby diantaranya dulu saya pernah meng-koleksi mug (gelas minum), senang lihat lukisan (dan saya punya beberapa), dan home audio dari yang awalnya mini compo sampai audio tabung rakitan. Namun setelah mengenal jam antik, perhatian saya sulit sekali beralih. Hanya kadang jenuh beberapa saat namun antusiasme dapat dengan mudah bangkit kembali.
Ada beberapa alasan mengapa saya lebih suka mengumpulkan jam antik:


  1. Jam-jam antik biasanya berpenggerak mekanik baik itu manual maupun automatic. Bagi saya jam dengan berpenggerak mekanik seperti sebuah karya seni karena didalamnya terdapat puluhan bahkan ratusan elemen mekanik yang bekerja dengan tingkat sinkronisasi tinggi dan presisi. Elemen-elemen yang bergerak apabila diamati akan seperti sebuah gerakan dengan keteraturan yang konsisten. Apalagi kalau kita buka mesin untuk jam chronograph (stopwatch), akan terlihat lebih rumit dan sophisticated.

  2. Kadang dengan memiliki jam antik seperti kita seperti diajak ber-nostalgia. Ada tahun-tahun tertentu memiliki kecenderungan model yang serupa bagi banyak merek. Selain itu ada juga jam yang dibuat untuk memperingati momen-momen penting atau saksi dari sebuah kejadian, misal Universal Polerouter yang dibuat untuk memperingati penerbangan SAS ke Northpole dan Omega Speedmaster "Moonwatch" Cal.321 yang digunakan pada saat ekspedisi Apollo IX ke Bulan karena itu jam ini disebut sebagai "The First Watch on the Moon".


  3. Beberapa jam antik memiliki re-sale value yang baik, terbukti dari lelang-lelang yang diadakan oleh beberapa biro lelang dunia berhasil menjual jam-jam eksklusif dengan harga yang tak pernah terbayangkan. Untuk jam-jam seperti Rolex, Patek Phillipe, Breguet dll di-klaim memiliki nilai investasi yang tinggi. Kawan-kawan pedagang dan penikmat jam antik sering bilang bahwa barang-barang seperti itu sifatnya lebih "Likuid" dan gampang di"uang"kan. Bahkan banyak yang bilang bahwa " Having Rolex is Like an Investment" !

No comments: