Monday, April 23, 2007

CITIZEN Promaster Navihawk Red Devil

Fall in love at the first sight ! Saat saya mengunjungi kios rekan saya di bilangan Pasar senen, mata saya melihat "monster" ini dan sekejap saya merasa bahwa saya harus memiliki Citizen ini. Memang ini bukanlah jam vintage dan mechanical seperti koleksi saya yang lain, namun saya tidak bisa menahan untuk segera memiliki dan memakainya.

Citizen ini merupakan keluarga Promaster, dan orang sering juga menyebut tipe ini sebagai Citizen Navihawk Red Devil atau Navihawk Diablo Worldtimer atau Promaster Chronograph Worldtimer karena memang jam ini biasanya digunakan oleh para Pilot. Citizen dengan tenaga quartz ini unik karena tidak ada crown untuk menyetel jarum jam, melainkan menggunakan cara elektronik. Kita hanya perlu mengatur jam melalui sistem digitalnya dan secara otomatis jarum jam akan menyesuaikan. Dan Jam ini memiliki penunjuk waktu untuk 30 kota yang akan terkoreksi secara otomatis!

Banyak fungsi yang diakomodir oleh jam ini, diantaranya:
1. 3 fungsi alarm
2. Fungsi Timer
3. Zone time setting
4. Fungsi Chronograph
5. Penunjuk waktu analog dan digital untuk 30 kota di dunia
Dimensi jam ini cukup besar dengan diameter 41mm (tidak termasuk crown), ketebalan 11,5mm dan lebar rantai 18mm. Penunjuk tachymeter merupakan bi-rotational bezel dan diberi variasi warna merah yang menambah ke-macho-an Citizen ini.
Sewaktu saya iseng tanyakan tipe jam ini ke agen Citizen di Indonesia, mereka bilang jam ini sudah tidak dijual lagi di Indonesia tapi tetap dipasarkan di luar negeri dan untuk membelinya harus pesan dulu dan ini butuh waktu kira-kira 1 bulan.
Private Collection









No comments: