Friday, April 6, 2007

MIDO Multifort Powerwind

Ini adalah seri Mido yang paling saya suka, tentunya selain tipe chronograph. Multifort pertama kali diluncurkan pada tahun 1934 sebagai jam automatic yang mengarah ke sporty, lebih bandel dari segi movementnya dan penggunaan material movement yang berbeda. Mido kemudian meluncurkan kembali type Multifort ini dalam jajaran new released mereka dengan tetap menggunakan desain yang retro look.

Selama ini saya melihat beberapa jenis Multifort di pasaran tapi sangat jarang yang memiliki dial face berwarna hitam. Rata-rata Multifort yang saya temui berukuran boys size dan terlihat sangat kuno. Rekan saya pernah memiliki 2 jam Mido Multifort dengan gold capped serta ukuran yang full size (35mm). Multifort yang saya miliki memiliki desain lug yang unik dan baru sekali saya lihat. Dial face warna hitam dengan spotted aging menandakan ketuaan usia jam ini.


Diperkirakan Multifort ini diproduksi sekitar tahun 50an. Ini dapat dilihat dari desain jarum jam dan menit yang berbentuk tombak. Kenop pemutar masih original dan berukuran besar. Setiap Mido Multifort menuliskan nomor register di antara dua lug (seperti yang dilakukan Rolex untuk setiap jam mereka) dan dibalik casing-nya tertulis Limited. Khusus untuk case back-nya terlihat grafir gambar orang sedang menyelam.

No comments: