Thursday, May 15, 2008

ROLEX Oyster Perpetual Date Ref.6534 (SOLD)

Rolex ini sebenarnya sudah menarik hati saya hampir setahun yang lalu ketika saya dan beberapa rekan penggemar jam antik sarapan pagi bersama. Saat itu (seperti biasa) selain makan pagi kami lebih banyak saling menukar informasi dan meng-update akuisisi terbaru dari masing-masing orang. Saat itulah mata saya terpana melihat Rolex 6534 ini.

Setelah penantian yang sekian lama dan usaha yang 'tidak kenal henti' akhirnya 2 minggu lalu teman saya itu mengatakan sudah ikhlas melepas 6534-nya. Hmm..akhirnya dapat juga!

Rolex Oyster Perpetual Date ini merupakan generasi awal dari versi 1500 (date dan bukan datejust). Diameter casing lebih kecil dari tipe 1601 dan menggunakan smooth bezel (yang tidak bergerigi). Sepintas sangat mirip dengan 6694 hanya movement-nya automatic. Jam ini diproduksi pada kuartal I tahun 1957.
Dial berwarna off-white dengan kombinasi index dari bahan emas berbentuk wajik (segitiga ketupat) dan 2 index (angka 6 dan 9) yang berbentuk balok ganda. Jarum jam tipe tombak (dauphine hands) dengan jarum detik terbuat dari blued steel. Movement yang digunakan adalah cal.1030 dengan 25 jewels yang sering disebut sebagai mesin kupu-kupu karena rotor-nya yang menyerupai sayap kupu-kupu. Tanggal pada tipe ini dibuat 2 warna (Roulette date) yaitu angka genap berwarna merah dan angka ganjil berwarna hitam.

6534 ini saya padankan dengan rantai jubille tipis. Ada 2 pendapat mengenai rantai ini. Ada yang berpendapat bahwa 6534 selalu menggunakan rantai oyster tipis, namun banyak juga yang berkata bahwa sebenarnya ada 2 versi 6534 dengan penggunaan rantai yang berbeda yaitu Jubille dan Oyster. Saya mendapati beberapa jenis 6534 di internet banyak juga yang menggunakan rantai jubille. Untuk pasar Eropa, tipe 6534 ini memiliki value lebih tinggi dari tipe penggantinya (1500 dan 1601 untuk datejust), bahkan beberapa menyebutnya sebagai Rare item terutama apabila kita bisa mendapatkan 6534 dalam kondisi masih baik dan mulus.

Saya sangat suka dengan Rolex yang masih menggunakan dauphine hands dan blued steel second hand karena menurut saya klasik sekali dan sexy! 6534 saya ini kondisinya masih sangat baik dengan aging pada dial yang merata. Apalagi setelah dikenakan rasanya pas sekali!

SOLD

1 comment:

Anonymous said...

Saya mewarisi Jam Tangan Merk Rolex yg sudah mati (tp klo saya puter kdg2 msh hidup), rantai sdh hilang. Ini jam sy tidak tau tipe apa. saya cari2 info akhirnya sy menemukan di situs ini. Ad bnyak tipe Oyster ga ada yg sama, tp ciri khas adalah notch angka adalah meruncing ke dalam kmdn sekon ada bulatan kecil wrna biru dan itu persis sama dg gambar di situs ini.
Jam ini kenangan dari Bapak saya (yg meninggal 3 tahun lalu, krn sakit). Menurut cerita Beliau, jam Rolex ini dy pakai sjk 1959 (setlh sblmnya Beliau pakai jam Merk Wingo Swiss thn 1950) kmdn Beliau kecelakaan mbl thn 1969 tp wkt itu cmn kaca jam yg pecah dan rantai hilang. Sjk it jam Rolex ini tdk lg dipakainya cmn beliau simpan kmdn disrh sy yg simpen sjk thn 1986 smp skrg.
Apakah jam ini bisa diperbaiki/ dibangun kembali? Berpa perkiraan biaya? Dimana tempat perbaikan yg bisa dipercaya mengingat ini jam tangan langka penuh kenangan. Trims.