Wednesday, April 4, 2007

My hobby: the beginning

Kegemaran saya dalam mengumpulkan jam tangan antik/ kuno bermula dari sebuah pemberian oleh seorang saudara sekitar 10 tahun lalu. Waktu itu saya mendapatkan jam Titus manual winding produksi tahun 50an awal. Saudara saya ingat sekali membeli jam tersebut sekitar tahun 1952. Saat saya terima jam-nya masih mulus dan bersih hanya saja pergerakannya tidak lancar karena memang tidak pernah dirawat.

Rasa penasaran saya pertama kali adalah bahwa jam tersebut tidak menggunakan baterei seperti jam pada umumnya dan saat saya buka mesin-nya saya kagum dengan pergerakan mekanisnya yang teratur. Sejak saat itu ketertarikan terhadap jam-jam antik mulai tumbuh dan mulai mencari di pasar-pasar tradisional dan pasar loak. Saat itu (akhir 90an) masih mudah dijumpai jam-jam lama di pasar-pasar hanya saja daya beli saya masih terbatas.

Dalam proses pembelajaran mengenai jam antik ini, saya juga pernah beberapa kali tertipu oleh pedagang yang memang memanfaatkan keterbatasan pengetahuan saya atau memang si penjual juga tidak tahu sama sekali mengenai jam antik tersebut. kekesalan yang paling tinggi adalah saat saya membeli Rolex kuno yang ternyata palsu dan dikondisikan sebagai antik dilihat dari warna dan bentuk jam. Karena uang yang saya keluarkan banyak, saya berkeras untuk mengembalikan kepada pedagang itu. Untung saja dia mau tapi tidak kembali uang dan diganti dengan beberapa jam lain yang setelah di total bernilai sama dengan Rolex palsu tersebut. Dana yang terbuang karena ketidak mengertian saya tentang jam antik tersebut saya anggap sebagai "ongkos" belajar mengenai dunia hobby yang baru ini.

Setelah banyak belajar baik dari kenyataan ditambah dengan informasi yang disediakan di internet, secara perlahan saya mulai mengerti sedikit banyak tentang seluk-beluk jam antik ini. Dan saya membatasi hanya untuk jam tangan saja.

1 comment:

Anonymous said...

alo pak arif,selamat tahun baru 2009,salam kenal,nama saya gasto. pak,setiap jeda kantor saya selalu membuka site ini. stress kerjaan langsung hilang setelah lihat jam-jam kuno disini.saya penggemar jam tangan yg sama sekali tidak ada populasinya sepeti yg disebut bapak,maksudnya,saya hobi jam tangan tapi dana benar2 minim,he2.Pak,semoga saya bisa seperti bapak bisa memiliki jam2 yg disukai,amin. tetap semangat pak,saya doain koleksi bapak nambah dan bapak tetap update site ini, jadi obat stress saya dikantor tetap ada.salam buat keluarga,bravo jam antik pak arif