Monday, May 5, 2008

ROLEX 16013 super mint with original receipt! (SOLD)

Kembali saya semakin meyakini sebuah prinsip dalam meng-koleksi jam: Kalau memang sudah 'jodoh' pasti akan dipermudah untuk mendapatkannya. Bermula dari sebuah iklan elektronik di internet yang sudah agak lama, ada seseorang yang hendak menjual sebuah jam Rolex Datejust (DJ) yang merupakan jam yang selalu digunakan oleh orang tuanya.

Iseng saya telepon dan meinta gambarnya kepada orang tersebut. Sayang sekali ternyata yang dijual adalah Rolex kombinasi karena sebenarnya saya kurang menyukai Rolex dengan dua warna seperti ini. Yang membuat saya tertarik adalah penuturannya berikut: "Saya membelinya tahun 1984 untuk ayah saya, dan saya beli di Pasar baru di Toko XYZ, saya juga masih simpan kwitansi pembeliannya". Dari hasil pembicaraan saya sepakat untuk melihat jam tersebut.

Minggu siang kemarin akhirnya saya bisa bertemu dengan bapak tersebut dan saya kaget, karena kondisi jam yang beliau jual luar biasa mulus bahkan nyaris seperti baru. Rolex ini adalah Rolex 16013 dengan quick set date mechanism dengan serial number 82906XX yang berarti jam ini diproduksi pada akhir tahun 1983. Beliau mengatakan, setiap kali ayahnya datang ke Jakarta, Rolex tersebut selalu di kirim ke Rolex Service Centre untuk dibersihkan dan diganti seal-seal-nya.

Jam ini sangat dirawat sekali oleh pemiliknya, bahkan beliau bilang saking seringnya dikirim ke Rolex Centre pegawai disana hafal dengan jam ini dan pemiliknya. Kondisi nya luar biasa (lihat gambar diatas), radium pada jarum jam dan menit masih utuh dan bersih begitu juga radium dot yang terletak di ujung-ujung index baton-nya. Serat pada casing masih terlihat dan lugs masih terlihat 'gemuk' karena memang Rolex Centre hanya memoles casing sesuai dengan alur aslinya (pabrik).

Pada kwitansi dapat dilihat bahwa jam ini dibeli pada tanggal 15 Juni 1984 seharga Rp.925,000. Pada masa itu uang sebesar itu bisa untuk membeli sebuah sepeda motor Honda bebek baru. Kwitansi itu juga ditempeli materai sebesar Rp.10.

Semula saya berfikir bahwa jam ini seharusnya menggunakan rantai jubille namun beliau mengatakan bahwa saat itu Rolex ini dibeli memang tidak menggunakan rantai jubille namun menggunakan tali kulit yang lengkap dengan buckle dari Rolex berwarna kuning. Buckle masih dalam kondisi bagus hanya ada beberapa bagian yang sudah mengelupas karena buckle Rolex ini bukan terbuat dari solid gold tapi gold plated.

Bukti bahwa memang Rolex ini pada awalnya dijual tanpa menggunakan rantai jubille bisa dilihat pada bagian belakang lugs-nya. Pada lugs Rolex yang menggunakan rantai akan terlihat bekas gesekan antara 'kuping' rantai dengan casing dan lugs. Pada Rolex ini kondisi lugs sama sekali tidak ada goresan atau bekas gesekan dengan rantai. Bahkan serat-serat steelnya masih terlihat dengan jelas. Saat saya menanyakan pada seorang rekan yang sudah lama malang melintang di dunia Rolex, dia mengiyakan bahwa pada jaman itu Rolex juga mengeluarkan tipe2 jam yang tidak menggunakan rantai jubille.

Satu-satunya yang tidak original dari Rolex ini adalah tali kulitnya. Karena tali kulit aslinya sudah hancur dan diganti dengan tali kulit after market generik. Saat saya tanya apakah yakin bahwa Rolex ini akan dijual, beliau mengiyakan sambil berkata,"Ayah saya (pensiunan) sudah saya belikan jam baru Tag Heuer sport!".


Sorry, I'm already SOLD!

5 comments:

Anonymous said...

mas boleh tahu informasi mengenai toko rolex di jakarta ga?
bapak saya kemaren bli rolex (tapi saya gak tau tipenya) nah dia mau tau apakah itu Rolex asli? Terima kasih

Novita (novi_kurnia@yahoo.com)

Anonymous said...

saya ada rolex 15505 oyster perpetual date gold shell top th '86, barang istimewa kaya masih baru,minat?hub 0818416859

Anonymous said...

rolex 15505 oyster perpetual date gold shell top th 86, barang istimewa, hub 0818416859

Anonymous said...

jl omega speedmaster date,lengkap box & paper, hrg br US 2,200, hrg 2nd only IDR 13,5jt hub 0818416859.

Anonymous said...

Dimana ya service centre rolex di daerah pasar baru atau gajah mada? Tlg infonya ya. Tx